Selasa, 06 Desember 2011

sekilas tentang anggrek

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang sangat digemari, bukan hanya oleh masyarakat di dunia namun juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini termasuk dalam keluarga orchidaceae. Di seluruh belahan dunia, terdapat kurang lebih 30.000 spesies anggrek yang sekitar 6.000 spesiesnya terdapat di Indonesia.  Berbagai variasi bentuk, warna, dan ukuran dengan ciri-ciri yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga anggrek. Warna bunga anggrek begitu indah dan bervariasi mulai dari warna-warna cerah hingga warna yang gelap dapat dijumpai. Bentuk bungapun beragam, ada yang bulat, bentuk keriting
, bentuk bintang, bertanduk, dll. Pun pula jumlah kuntumnya, ada yang tunggal, ada pula yang bergerombol banyak sehingga terlihat memukau. Ukuran bunganya pun bervariasi mulai dari ukuran sangat kecil hingga berukuran besar sangat mudah ditemui.Tak hanya itu, tangkainya juga beragam, dari berbentuk tegak, mendatar, menjuntai, dari yang berukuran pendek hingga panjang. Tak salah jika semua daya tarik bunga anggrek mampu memikat banyak kalangan masyarakat di seluruh penjuru dunia.
Namun dibalik keindahannya, banyak orang yang mengeluhkan bahwa menanam anggrek itu hal yang sulit. Letak kesulitannya biasanya karena anggrek sulit berbunga walaupun sudah sekian lama ditanam. Selain sulit berbunga, kendala lainnya adalah serangan hama tanaman yang memperlambat pertumbuhan tanaman.  Sebenarnya, menanam dan merawat anggrek tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kunci keberhasilannya terletak pada lingkungan hidupnya. Dikarenakan spesies dari anggrek yang sangat bervariasi, maka lingkungan tempat hidup anggrek juga berbeda-beda, tergantuk pada jenis spesies anggrek tersebut. Misalkan saja, anggrek phalaenopsis yang membutuhkan lingkungan hidup yang teduh, berbeda dengan dendrobium yang membutuhkan tempat hidup yang lebih panas.Demikian juga dengan jenis spesies anggrek lainnya. 
Apabila lingkungan hidupnya telah sesuai, maka tinggal bagaimana merawatnya dengan memperhatikan intensitas kebutuhan cahaya yang baik, kelembapan suhu yang dibutuhkan anggrek, penyiraman yang baik serta pemupukan. Dengan perawatan yang baik, tanaman anggrekpun akan tumbuh dengan baik dan berbunga sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih,