Kamis, 15 Desember 2011

Cara memilih tanaman anggrek menurut suhu dan kelembapan udara

Apabila kita ingin memelihara tanaman anggrek yang baik, yang sesuai dengan kesenangan dan berkualitas bagus, maka kita harus bisa memilih tanaman anggrek agar sesuai dengan keinginan yang kita harapkan.
Tanaman anggrek sangat bervariasi ragamnya. Senada dengan hal itu, lingkungan hidup anggrek juga bervariasi, maka itu kita perlu tahu tentang kesesuaian jenis anggrek dengan lingkungan tumbuhnya.  Berdasarkan keadaan lingkungan,  lokasi hidup anggrek terbagi menjadi 3, yaitu :

1.       Dataran Rendah
Dataran rendah biasanya bersuhu tinggi hingga panas. Pada siang hari suhu udara berkisar antara 27-35° C sedangkan pada malam hari suhu udara berkisar 21-27° C dengan kelembapan 60-80%.  Untuk lingkungan dengan suhu udara dan kelembapan udara di dataran rendah ini, maka tanaman anggrek yang cocok hdup di daerah ini adalah jenis Vanda, Dendrobium, Aranthera, Arachnis, dan Oncidium.
2.       Dataran Menengah
Dataran menengah pada umumnya berhawa sejuk. Pada siang hari suhu udara berkisar 24-29°C sedangkan pada malam hari suhu berkisar antara 21-24°C dengan kelembapan udara yang tinggi yakni 60-80%. Pada daerah yang suhunya menengah seperti ini, jenis anggrek yang cocok hidup adalah jenis Dendrobium, Cattleya beserta kerabatnya, Phalaenopsis beserta kerabatnya, Oncidium, Paphiopedilum dan Vanda berdaun lebar.
3.       Dataran Tinggi
Dataran tinggi pada umumnya berhawa dingin. Pada siang hari suhu udara berkisar antara 16-21°C sedangkan pada malam hari suhu udara berkisar antara 10-16°C dengan kelembapan udara tinggi 60-80%. Jenis anggrek yang cocok dengan kondisi di daerah dataran tinggi adalah jenis Phalaenopsis beserta kerabatnya, Paphiopedilum, Cattleya,  Cymbidium, Miltonia dan Vanda berdaun lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih,